Cara Mengatasi frozen Shoulder

Home / Kesehatan / Cara Mengatasi frozen Shoulder

Sebelum Anda membahas terkait dengan Cara Mengatasi frozen Shoulder. Anda juga perlu sedikit mengetahui tenttang Frozen shoulder itu sendiri. Dimana  frozen shoulder atau istilahnya juga dikenal dengan adhesive capsulitis merupakan sebuah gangguan rasa kaku dan nyeri yang menjalar di area bahu. Keadaan seperti ini menyebabkan terbatasnya daerah pergerakan bahu hingga menyebabkan bahu tidak dapat digerakkan sama. 

Cara Mengatasi frozen Shoulder

Setelah Anda mengetahui apa itu frozen Shoulder maka berikutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi frozen shoulder yang bisa dilakukan oleh penderitanya berikut ini uraian singkatnya. 

  • fisioterapi

Pada umumnya penderita frozen shoulder bisa atasi dengan cara  fisioterapi. Cara ini bertujuan untuk melatih otot agar dapat diregangkan selain itu juga untuk mengembalikan jangkauan dari gerakan lengan itu sendiri. 

Pada pasien frozen shoulder membutuhkan waktu sedikit lama dari beberapa minggu hingga bisa mencapai sekitar 9 bulan agar hasilnya bisa nampak. Perlakuan yang akan didapatkan pada tiap sesi fisioterapi salah satunya dilakukan TENS (transcutaneous electrical nerve stimulation). 

Sesi TENS ini merupakan sebuah langkah terapi yang dilakukan dengan cara mengantarkan arus listrik rendah melalui sebuah elektroda yang ditempelkan di kulit. Arus listrik tersebut mampu merangsang adanya pelepasan molekul penghambat nyeri sehingga akan mencegah timbulnya nyeri. 

Namun jika dengan fisioterapi belum ada perubahan membaik pada frozen shoulder ini maka bisa segera berkonsultasikan dengan dokter bila setelah 6 bulan menjalaninya.

  • Menggunakan obat pereda nyeri dari Dokter

Selain Anda bisa melakukan fisioterapi, namun usaha tersebut belum membuahkan hasil maka Anda bisa berkonsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan segera memberikan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Obat tersebut berguna dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan. Bahkan jika diperlukan dokter akan memberi suntikan kortikosteroid pada sendi bahu Anda.

  • Melakukan Prosedur lainnya 

Saat melakukan terapi fisik dan obat-obatan tidak mampu mengurangi rasa frozen shoulder maka dokter akan dapat melakukan beberapa prosedur. Misalnya dengan manipulasi bahu dimana pada prosedur ini dilakukan dengan membius total agar pasien tidak merasakan nyeri saat berlangsungnya proses ketika dokter menggerakkan bahu ke berbagai arah. Fungsi prosedur ini dilakukan untuk melemaskan pada jaringan yang tegang agar dapat berfungsi sebagaimana fungsinya.

  • Melakukan Distensi pada bahu

Pada proses ini dilakukan prosedur penyuntikan cairan steril tertentu ke dalam kapsul sendi. Hal ini berfungsi untuk untuk meregangkan berbagai jaringan pada bahu sehingga persendian pada bahu bisa digerakkan dengan mudah.

  • Artroskopi

Langkah yang lain yaitu dengan melakukan Artroskopi. Hal tersebut berfungsi untuk membuang jaringan parut dan jaringan yang merekat pada sendi bahu. Artroskopi ini merupakan proses bedah dilakukan menggunakan alat kecil yang kemudian akan dimasukkan melalui irisan yang ada di sekitar sendi bahu.

  • Pengobatan mandiri

Selain cara yang disebutkan diatas maka Anda juga bisa melakukan peredaan pada nyeri atau setidaknya dapat meminimalisir rasa nyeri ketika di rumah. Maka pasien frozen shoulder Anda bisa melakukan pengobatan mandiri dengan cara memberikan kompres dingin pada bahu Anda kurang lebih selama 15 menit dan bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari.

  • Terapi alternatif dengan akupuntur

Ada terapi alternatif yang bisa Anda gunakan lain untuk mengatasi frozen shoulder adalah salah satunya akupuntur. Pada prosedur ini pasiean akan diterapi dengan menggunakan jarum berukuran sangat kecil. Jarum tersebut akan yang akan ditusukkan pada kulit Anda sebagai langkah dalam terapi. Waktu pada proses akupuntur ini membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 15 hingga 40 menit.

Demikian cara mengatasi frozen shoulder yang bisa dilakukan lakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada bahu penderita. Semoga informasi tersebut bisa digunakan sebagai informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *