Lakukan Hal ini Untuk Mengobati Cacar!

Home / Kesehatan / Lakukan Hal ini Untuk Mengobati Cacar!

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan dan terbukti efektif membantu meringankan gejala cacar air.

1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Cara mengobati cacar air yang paling umum untuk meringankan gejalanya yaitu dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Dalam bahasa medis obat pereda nyeri dan penurun panas disebut dengan obat analgesik-antipiretik. Salah satunya yang paling banyak disarankan yakni parasetamol, karena dianggap aman bagi kebanyakan orang termasuk wanita hamil dan bayi berusia di atas 2 bulan. Obat ini digunakan untuk meredakan nyeri dan demam sebagai gejala awal yang biasanya dialami oleh penderita cacar air. Perhatikan, untuk tidak memberi aspirin pada anak-anak di bawah 16 tahun. Penggunaan obat anti-inflamasi non streoid (NSAID) seperti ibuprofen juga tidak begitu disarankan karena efek sampingnya dianggap dapat memperparah kondisi si penderita, terlebih lagi pada individu yang memiliki alergi terhadap obat-obatan jenis ini. Selalu ikuti aturan yang tertera pada kemasan obat dan akan lebih baik jika sebelumnyaberkonsultasi dahulu dengan dokter atau apoteker.

2. Jangan Menggaruk Bintil Cacar Air

Meskipun bintil cacar air terasa sangat gatal, usahakan sebisa mungkin untuk tidak menggaruknya, guna menghindari resiko infeksi, penularan ke orang lain, dan timbulnya jaringan parut (skar). Untuk menghindari garukan atau gesekan yang tak disengaja (terutama pada anak-anak), potonglah kuku, dan gunakan sarung tangan serta kaus kaki ketika menjelang tidur. Mandilah dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk sesudahnya dengan cara menepuk-nepuk jangan mengosok-gosoknya. Untuk mengurangi rasa gatal dapat menggunakan lotion atau bedak kalamin, atau dengan konsumsi obat anthistamin seperti chlorphenamine.

3. Jaga Asupan Makanan dan Cairan

Ketika seseorang mengalami cacar air penting untuk tetap terhidrasi dan menjaga asupan makanan ke dalam tubuh, guna menjaga sistem imun agar tidak semakin melemah dan dapat terus memerangi virusnya. Hindari minuman bersoda serta makanan yang terlalu asin atau pedas. Perbanyak saja minum air putih dan makan makanan seperti roti, biskuit atau sup.

4. Konsumsi Obat Antivirus dan Terapi Imunoglobulin

Penggunaan obat antivirus atau terapi imunoglobulin sangat disarankan untuk sebagian orang yang beresiko tinggi mengalami infeksi cacar air yang parah. Contohnya pada wanita hamil, orang dewasa (terutama yang merokok), bayi dibawah empat minggu dan orang-orang dengan sistem imun yang lemah seperti penderita gagal ginjal, HIV, atau yang sedang menjalani kemoterapi dan menggunakan obat steroid dosis tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *